Headlines News :
Home » , , , , » Pengertian, Jenis, Kadar/ Karat Emas

Pengertian, Jenis, Kadar/ Karat Emas

Written By Kecebong Gaul on Minggu, 16 Februari 2014 | 15.55

Emas adalah unsur kimia dlm tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat, "malleable", dan "ductile". Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinage. Kode ISOnya adalah XAU. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius.
Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Mineral pembawa emas biasanya berasosiasi dengan mineral ikutan (gangue minerals). Mineral ikutan tersebut umumnya kuarsa, karbonat, turmalin, flourpar, dan sejumlah kecil mineral non logam. Mineral pembawa emas juga berasosiasi dengan endapan sulfida yang telah teroksidasi. Mineral pembawa emas terdiri dari emas nativ, elektrum, emas telurida, sejumlah paduan dan senyawa emas dengan unsur-unsur belerang, antimon, dan selenium. Elektrum sebenarnya jenis lain dari emas nativ, hanya kandungan perak di dalamnya >20%.
Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu:
  • Endapan primer; dan
  • Endapan plaser.
Emas digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara dan juga digunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meskipun secara resmi di bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan dalam mata uang dolar Amerika. Bentuk penggunaan emas dalam bidang moneter lazimnya berupa bulion atau batangan emas dalam berbagai satuan berat gram sampai kilogram.

Jenis Emas

1. Emas perhiasan

Emas perhiasan merupakan jenis emas yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kalung, gelang, cincin, anting, liontin, tiara, dan lain-lain. Bila Anda berinvestasi untuk jangka pendek, sebaiknya jangan memilih emas perhiasan. Sebab, biasanya akan sulit untuk mendapatkan keuntungan.
Untuk setiap pembelian emas perhiasan, selain dikenakan harga emas yang dihitung berdasarkan berat dan karatnya, Anda juga akan dibebani biaya pengolahan emas menjadi perhiasan. Ketika Anda menjual kembali emas tersebut, toko biasanya tidak mau membayar ongkos pembuatan perhiasan itu.
2. Emas batangan

Investasi emas yang cukup baik adalah dalam bentuk batangan (emas lantakan). Di Indonesia, emas batangan yang cukup terkenal adalah emas bermerek Logam Mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) dengan kadar emas 99,99 persen. Sebagai tanda keaslian, Anda akan mendapatkan sertifikat emas yang dibubuhi nomor seri, sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan.
Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali.
Beberapa jenis Emas batangan yang umum dijual di toko emas di Indonesia:
  • Emas Antam atau Emas LM (Logam Mulia) , Emas ini bersertifikat dari PT Aneka Tambang , harga emas batangan Antam / LM ini lebih mahal dari emas batangan lainnya karena bersertifikat. Emas jenis ini juga terdapat cap LM pada batangnya, dan tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.
  • Emas London , yaitu emas batangan dari luar negeri , dan pecahan umumnya adalah per 1 kg. Ciri emas london ini terdapat cap perusahaan pada batangnya.
  • Emas Lokal , yaitu emas batangan yang tidak terdapat cap perusahaan ataupun sertifikat, dan biasanya ada yang bentuknya lonjong sedikit penyok. Emas Lokal tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.
3. Koin emas

Koin emas adalah jenis emas yang berbentuk koin. Di Indonesia, ada dua jenis koin emas yang paling dikenal masyarakat, yaitu koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin dinar emas.
Koin emas ONH dimaksudkan sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menabung sebagai persiapan untuk naik haji. Koin emas ONH bisa menjadi semacam garansi bagi orang-orang agar selamat dari inflasi, karena harga emas dipastikan ikut naik.

4. Emas Granule

Emas granule adalah emas yang berbentuk butiran-butiran. Emas ini jarang ditemui karena emas granule mungkin hanya dimiliki toko-toko emas atau para pengrajin emas. Karena sifat emas yang dapat dilebur tanpa mengubah nilainya, emas granule dapat di lebur untuk dijadikan berbagai macam jenis perhiasan emas.
5. Emas secara Online

Yaitu pembelian emas dengan melalui media Online atau Pialang, atau biasa disebut Trading Online. Biasanya emas seperti ini memanfaatkan margin, options ataupun metode lainnya.

KADAR EMAS

  • 24 karat (99.99%) , atau ada pula Emas Lokal (99.7%)
  • 22 karat (91.6% emas) , emas dicampur logam lain 8.3% (biasanya perak)
  • 21 karat (87.5% emas)
  • 20 karat (83.3% emas)
  • 18 carat ( 75.0% emas) , biasanya untuk cincin
  • 14 karat ( 58.5% emas)
  • 10 carat ( 41.7% emas)
  • 9 carat (37.5% emas)
Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Emas dikenal sebagai logam yang langka dan memiliki sifat unik. Warna nya yang berkilau juga dipersepsikan orang sebagai jaman dahulu sangat bernilai dan digunakan sebagai alat pertukaran. Mengacu kepada sifat uniknya, logam emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi akan semakin lunak logam nya. Oleh karena sifat logam yang terlalu lunak ini maka agak sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan durabilitas barang tersebut ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu emas harus dicampur oleh logam lain seperti perak, tembaga dan logam lain sehingga menghasilkan perhiasan emas yang memiliki durabilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari.
Di Indonesia memang belum jelas penentuan dan patokan hubungan karat dengan kadar kandungan emas. Hampir setiap toko emas berbeda-beda mengenai karat ini. Terutama toko emas yang berbeda daerah. Misal antara di Jakarta dengan di Jawa Tengah dapat terjadi perbedaan penafsiran karat (kemurnian emas). Disatu toko kadar emas 22 karat sekitar 80%, namun di toko lain emas 22 karat hanya berkadar 70%. Untuk mengenal emas, kita terlebih dahulu mengenal istilah " kadar " dalam emas. Kadar merupakan tingkat keaslian emas, atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kadar emas dinyatakan dalam "karat". Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jadi bila emas kadar 22 karat dengan berat 15 gram maka kandungan emas murninya = 22/24 x 15 = 13.75 Gram. Untuk mempermudah, sudah tersedia tetapan untuk menentukan karat berdasar kadarnya. Menurut SNI (Standart Nasional Indonesia) - No : SNI 13-3487-2005 standard karat sbb: Karat Kadar emas






  • 24 K = 99,00 - 99,99%
  • 23 K = 94,80 - 98,89%
  • 22 K = 90,60 - 94,79%
  • 21 K = 86,50 - 90,59%
  • 20 K = 82,30 - 86,49%
  • 19 K = 78,20 - 82,29%
  • 18 K = 75,40 - 78,19%

  • Emas 22 karat seharusnya mempunyai kadar sekitar 90.6% sampai 94.79%. Namun ternyata pada prakteknya ketentuan ini tidak digunakan. Seringkali toko emas memiliki ketentuan sendiri yang tidak mengacu pada SNI. Emas dengan kandungan 80% dapat diklaim sebagai emas 22 karat. Emas 20 karat di Indonesia mungkin memiliki kandungan emas yang sama dengan emas 18 karat di luar negeri. Karena itu janganlah terpaku pada karat. Namun perhatikan kadar kandungan emasnya. Jika anda ingin membeli emas, jangan ragu tanyakan berapa kadarnya dalam %. Karena sesungguhnya yang menjadi patokan harga adalah kandungan kadar emas dalam perhiasan. Semakin tinggi kadar emas dalam perhiasan, akan semakin tinggi pula harganya.

    Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menguji kemurnian emas.
    • Dengan Uji Gosok pada Batu, kemudian ditetesi Zat Kimia. Air uji yang digunakan adalah Asam Nitrat, Asam Klorida, Dan Campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia).
    • Pengujian dengan Gold Tester, Yaitu alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.
    • Pengujian dengan berat jenis, setiap benda mempunyai berat jenis atau SG (specific gravity). Emas dapat dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya. Berat jenis adalah Masa Zat itu dibagi Volumenya.
    Prosedur pemeriksaan dengan berat jenis adalah pertama kita tentukan berat emas kering ( ditimbang diatas timbangan ), kemudian kita tentukan berat emas jika ditimbang dalam air ( Berat Basah). Berat kering - Berat Basah = Volume. Jadi Berat jenis = berat kering/(berat kering-berat basah). Setelah kita tahu Berat jenisnya kita tinggal lihat tabel untuk mengetahui karatasenya.
    Share this article :

    45 komentar:

    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
      saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
      jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pesugihan larangan Allah,, sama saja artinya menduakan Allah

        Hapus
      2. Innalillahi wainnailaihi raji'un....

        ndang tobat pakdhe

        Hapus
      3. Ga usah bawa" allah,kena allah g pernah ngajarin kita wat menyembah selain dia

        Hapus
      4. Astaghfirullahal'adzim. Anda bawa² nama Allah tp pada dasarnya anda berlaku syirik, parahnya lagi anda mengajak orang lain utk melakukan hal yg sama dengan yg anda lakukan. Ingat pak kehidupan di dunia ini hnya sbntar, anda punya 1 m, 2 m, bhkan uang triliyunan rupiah, gk akan dbwa mati. Malah prtanggungjawabannya di akhirat kelak sangat berat. Segera bertaubat pak slagi nyawa msh dikandung badan. Ingat, dosa syirik adalah dosa yg paling besar.

        Hapus
      5. dosa syirik adalah dosa yg paling besar.
        klo ini yg paling besar, apakah murtad dan durhaka di bawahnya?

        Hapus
      6. Lahborang aneh,nyebutin salam beragama..malah ngajakin dosa..gabmikir

        Hapus

      7. Wowww.. Orang gila... Hehehe.... Mending mati luhhhhh kkkkkk

        Hapus
      8. Harta hasil pesugihan buat apaan . judulnya aja pesugihan udh pasti menduakan allah . minta sama yg bukan punya kuasa selain allah udah salah ini malah ngajak orang lg. Hadeh hadeh

        Hapus
      9. Hahahahahaha..

        Aliran sesat ini guys..

        Hapus
      10. KABAR BAIK!!!

        Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

        Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

        Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

        Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

        Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

        Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

        Hapus
      11. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

        Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

        Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

        Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

        Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

        Hapus
    2. komentar yg menyalahi ajaran islam sebaiknya dihapus aja. ajaran syirik koq dibangga2in

      BalasHapus
      Balasan
      1. jangan percaya tuh. syirik hanya menghapus semua amalan kita. aqidah jd rusak.

        Hapus
      2. Jgn ngajak org berbuat syirik dog massss

        Hapus
      3. Bener banget.. Itu namanya musyrik.. Dan musyrik adalah dosa besar!

        Hapus
    3. Harta yg berkah adalah harta yg didapat dengan cara yg halal dan selalu memohon kepada Allah yang Maha Kaya, bukan dengan pesugihan ini itu, meminta sesuatu kepada selain Allah udah jelas syirik. Jangan menjerumuskan orang lain donk.

      BalasHapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    5. itu yg bawa2 nama Allah buat tumbal aja biar asik!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gak sekolah ni orang, ejaan aja banyak yg ga bener.. Orang begini mau nipu lagi.. Hadeeh.. Tobat woii.. Ambil wudhu sholat sono lu.. Bukan ngajakin orang berbuat dosa.. Pake cara nipu lagi.. Kena hidayah siksa kubur baru tau rasa lu

        Hapus
      2. Sblum y pd pak eko di majalengka ... Pemberitahuan anda lum lengkap .. Sudikah anda berbagi dulu pd kami agar kami bsa melihat dulu hasil y . ... Rang vont j pke pulsa .. Cari pengikut gratisan . Aduh ga seru

        Hapus
      3. Untung gak di suruh jadi babi ngepet lu pak eko hhhh ..wik wik wik 😂😂😂

        Hapus
    6. very helpful nih artikel mengenai logam mulia nya thank you :)

      BalasHapus
    7. Kalo lu bisa dibikin kaya sama tuh dukun, kenapa dia gak memperkaya dirinya sendiri aja, ngapain ngajak2 orang lain, mau nipu ya.. Masih ada aja orang kayak lu, dosa kok ngajak2 dasar wong edan.. Aki2 zaman now. Tobat woi.. Dapet hidayah baru tau rasa lu,gak percaya.. tunggu aja siksa kubur

      BalasHapus
    8. Waham kali tu orang.yg dibahas emas die nyritajn pesugihan.. ,😑😒😔,, harap maklum yg beginian ngak usah ditanggapi,, bikin keruh aja,, sok-sok an islami padahal menyimpang,, mencampur yg haram dgn yg halal,,

      BalasHapus
    9. Sekedar info ni... saya biasa beli perhiasan di https://savey.xyz/id/perbelanjaan/black-friday-penawaran-terbaik/black-friday-diskon-terbaik-untuk-perhiasan/ terpercaya dan banyak diskonnya!

      BalasHapus
    10. Di beli marah uang asing yg on of..
      IDR,DINAR IRAK,DOLAR DLL..dan juga emas batangan atau bihi emas hub..0817-7652-2693 langsung pembayar..

      BalasHapus


    11. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      BalasHapus
    12. lucu ih masa ada pesunggihan di promosikan wkwkwk

      BalasHapus
    13. Buat apa kaya dg hasil nyugih sebentar lg juga hidupmu akan berakhir..

      BalasHapus
    14. OPPO POKER MEMBERIKAN BONUS 20.000 UNTUK NEW MEMBER!
      AYO DAFTAR SEKARANG JUGA! LAYANAN CS 24 JAM RAMAH DAN BERSAHABAT ^^

      BalasHapus
    15. Astaghfirullahal'adzim. Jgn dilakukan itu syirik. Syirik adalah dosa yg tidak diampunkan oleh Allah jika sampai mati tidak taubat nasuha..

      BalasHapus
    16. SITUS JUDI ONLINE SLOT TERBAIK INDONESIA

      TEMBAK IKAN ONLINE - Mari join bosku di win323 ,, Hanya minimal deposit Rp 25.000 bosku sudah menikmati bonus-bonusnya !!

      Bonus Deposit 50%
      Minimal Deposit Rp25.000
      Max Bonus Rp. 1.000.000,-
      TO x 15 + BONUS

      Bonus Deposit 10%
      Minimal Deposit : Rp.50.000,-
      Max Bonus : Rp. 500.000,-
      TO x 7 + BONUS

      CASHBACK 10%
      Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

      Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilahpemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan.
      Contact Person WIN323 :
      WA : +855 7863 3430
      WA : +855 7863 3425
      LINE: official.win323

      BalasHapus
    17. Join yuk di OPPO POKER hanya Deposit & Withdraw Rp.15.000 Bosku.
      Bonus Bonus Super Heboh yang bisa anda dapatkan.
      - Bonus Next Deposit 5%
      - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
      - Bonus Referral 10% dan BERLAKU SEUMUR HIDUP!
      Tunggu apalagi jadilah pemenang di setiap taruhan yg Bosku lakukan.
      Contact Person OPPO POKER :
      - BBM : 55A40723
      - WA : +6287843026179
      - Fanspage Facebook : Oppopoker.vip Situs
      Poker Terpercaya di Indonesiabob
      - Group Facebook : OPPOPOKER.VIP
      AGEN POKER ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA

      BalasHapus
    18. Salam gan...Ijin Promo ya, makasi :):):):):)

      Gebyar merdeka | 74 tahun Indonesia Merdeka
      Menuju Indonesia Unggul
      Trading Forex Online Terpercaya
      Dapatkan Bonus Deposit 17% dari minimal Deposit 50.000
      Selalu ada Bonus deposit awal 10%
      Anda bisa Trading bersama kami
      - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
      Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
      1. Teregulasi di FCA
      2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
      3. Waktu ekspirasi 30 detik
      4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
      5. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
      6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
      - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
      Kunjungi website kami www.detiktrade.com
      Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
      WA : 087752543745

      BalasHapus
    19. Ijin Post Yahh bossku
      Join yuk di EDEN POKER...
      Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
      - Minimal Deposit 15.000
      - Bonus New Member 10.000
      - Bonus Next Deposit 5%
      - Bonus Rollingan 0,5%
      - Bonus Refferal 10% REAL PLAYER VS PLAYER !!!
      Contact Person :
      WA : +855 7863 3569
      #edenpoker.xyz

      BalasHapus
    20. Berita emas

      Selamat Datang di JavaFX News. Mendapatkan itu terbaru Berita Forex dan Berita Emas dari Javafx.news, Kami menyajikan berita forex real-time riset, analisis mendalam dan strategi trading seputar forex, emas dan oil.

      to get more - https://www.javafx.news

      BalasHapus
    21. Thanks infonya. Oiya ngomongin emas, ternyata saat ini ada loh cara investasi emas yang lebih mudah, namun tetap aman dan menguntungkan. Mau tau kayak gimana? Yuk cek di sini: Investasi emas yang inovatif

      BalasHapus

     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Proudly powered by Blogger
    Copyright © 2011. Pusat Perhiasan - All Rights Reserved
    Template Design by Creating Website Published by Mas Template