Headlines News :
Home » » Institute Gemology Paramita (IGP)

Institute Gemology Paramita (IGP)

Written By Kecebong Gaul on Selasa, 09 Juni 2015 | 12.25

Satu-satunya institut tentang gemologi di Indonesia adalah IGP atau kepanjangan dari institut gemologi paramita, Sekolah tinggi tentang ilmu batu mulia ini berada didaerah jakarta selatan.
Sekolah ini berdiri tahun 1989 oleh bapak Muhardi paramita. Institute ini juga menjadi laboratorium Gemology tentang batu akik dan batu permata.
Institute ini memiliki beberapa kelas, diantaranya : Diamond grading, Colorstone, Gemology Indentification, Jawelry Desain dan banyak kelas lainnya.
Untuk biaya studi disini bervariasi mulai dari 2 juta hingga 20 juta rupiah, sesuai program study yang dipilih,  waktu paling lama 30 jam yang disesuaikan dengan program study.
Disini para siswa bisa belajar singkat untuk bisa memahami dan mengerti akan batu permata.  Siswa-siswa yang menuntut ilmu disini beragam, mulai 18 sampai 38 tahun, dan berasal dari berbagai negara, seperti malaysia, philipina, taiwan dll.
Jadi bagi  bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin memperdalam ilmu Gemology, bisa belajar di institut gemologi paramita ini.
Keberadaan institut Gemology paramita sendiri sudah diakui di Indonesia, dan satu satunya sekolah Gemology yang tetap eksis ditengah perkembangan dunia seni batu akik dan batu permata semakin maju dan berkembang, itu menunjukkan prospek batu batu mulia asli indonesia, akan  menembus pasar dunia.
Didirikan oleh Bapak K.Mahardi Paramita pada tahun 1989 sebagai Lembaga Pendidikan Gemology pertama yang berdiri sendiri (independent) di Indonesia. Institute Gemology Paramita (I.G.P) adalah sekolah berlian dan batu permata seperti Ruby, Sapphire, Emerald, dan tempat belajar desain perhiasan yang berlokasi di Jakarta Pusat. Bila anda ingin belajar berlian, belajar batu permata, atau belajar desain perhiasan. I.G.P merupakan satu-satunya tempat belajar berlian dan batu permata di Indonesia atau sering disebut-
sebut sebagai sekolah Jewelry di Indonesia. I.G.P juga menyediakan kursus desain perhiasan bagi anda yang ingin belajar  desain  perhiasan  mau-
pun belajar membuat perhiasan (kursus Jewelry Making). I.G.P telah terbukti keberhasilannya selama bertahun-tahun dalam mencetak para pengusaha professional di bidang perhiasan, berlian dan batu permata, bahkan desainer perhiasan dari Indonesia maupun manca Negara. Berbagai seminar berlian dan seminar batu permata seperti mengenali berlian tiruan, mengenal batu permata asli atau sintetik, dan topik-topik menarik lainnya diadakan secara rutin dengan waktu-waktu yang fleksibel guna memenuhi minat para pecinta batu permata, berlian, dan perhiasan di tanah air.


Progaram Pendidikan terbagi atas beberapa class terdiri dari basic, design, diamond dan colorstone

1. Class Basic
 Basic Colorstones :
      Kursus satu kali pertemuan @ +/- 2.5 jam bagi anda yang ingin mengetahui dasar, seluk beluk dan karakteristik batu-batu permata berwarna secara umum. Kelas dapat dilanjutkan ke ColorStones jika ingin mengetahui karakteristik batu-batu permata berwarna secara lebih mendalam.    
  Basic Counter Sketching :
      Kursus satu kali pertemuan @ +/- 2.5 jam bagi anda yang ingin mengetahui dasar-dasar menggambar perhiasan dengan teknik free hand. Kelas dapat dilanjutkan ke Counter Sketching jika ingin mengetahui teknik-teknik free hand dalam menggambar perhiasan secara lebih mendalam.    
  Basic Diamond :
      Kursus satu kali pertemuan @ +/- 2.5 jam bagi anda yang ingin mengetahui dasar, seluk beluk dan karakteristik berlian secara umum. Kelas dapat melanjutkan ke Diamond Grading jika ingin mengetahui karakteristik berlian dengan lebih mendalam.    
  Basic Gemology A :
      Kelas pengenalan lengkap Gemology yang mencakup Basic Diamond, Basic Colorstones dan Basic Gem Identification. Kelas ini juga ditujukan bagi masyarakat umum yang baru mulai belajar gemologi dan masih mencari tahu di mana minat mereka di bidang batu permata dan identifikasi batu permata. Kelas ini pun dapat dilanjutkan sesuai minat dan kebutuhan peserta di Diamond Grading, ColorStones ataupun Gem Identification course. Lama kursus 3 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Basic Gemology B :
      Kelas pengenalan lengkap Gemology yang mencakup Basic Diamond, Basic Colorstones, Basic Gem Identification, dan pengenalan kelas Design (Jewelry design dan Counter Sketching). Kelas ini juga ditujukan bagi masyarakat umum yang baru mulai belajar gemologi dan masih mencari tahu di mana minat mereka. Kelas ini pun dapat dilanjutkan sesuai minat dan kebutuhan peserta ke Diamond Grading, ColorStones, Gem Identification, Jewelry Design maupun Counter Sketching course. Lama kursus 4 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Basic Jewelry Making :
      Basic knowledge to make jewelry, including soldering and stone setting. You will learn how to make silver jewelry such as filling, soldering, sizing, setting stone (bezel and prong setting). You will be introduced what tools are used and will work with safety to bring out your creativity become reality. Length of course: 1 session @ 5 jam.

2. Class Design
Counter Sketching :
      Anda akan mempelajari mengekspresikan keinginan customer agar mudah dipahami melalui gambar desain dengan teknik Free Hand. Anda akan mempelajari teknik membuat sketsa dan menggambar dengan metode yang sangat sistematis (step bb step method). Sangat berguna untuk anda yang ingin menjadi designer perhiasan. Lama kursus 6 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Jewelry Design :
      Anda akan mempelajari cara-cara merancang perhiasan, dan mengilustrasikannya dalam gambar-gambar berwarna yang indah dengan detail-detail yang menarik. Anda juga dilatih untuk mengembangkan teknik menggambar dan melukis perhiasan yang sangat membantu dalam mengkomunikasikan ide-ide design anda dalam bentuk gambar, yang jelas dan mudah dimengerti oleh para pembuat perhiasan ataupun pelanggan. Lama kursus 10 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.

3. Class Diamond
 Advance Diamond Class :
      Kelas ini dirancang khusus untuk membahas tentang proses-proses Treatment seperti Clarity Enhanced (Perbaikan Cacat dalam Diamond), Color Enhanced (Porses Perbaikan Warna pada Diamond), High Pressured High Temperature HPHT), Synthetic Diamond (Man Made/Created Diamonds). Lama kursus : 3 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Diamond Grading :
      Anda dapat mempelajari bagaimana menentukan dan menilai keindahan sebuah berlian berdasarkan faktor 4C's dari berlian yaitu Clarity, Color, Cut, dan Carat berdasarkan GIA International Diamond Grading System. Anda juga sekaligus menilai berat berlian yang terikat dalam perhiasan. Lama kursus 10 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Emerald Class :
      Kelas yang sarat dengan pengetahuan mengenai jenis-jenis Emerald yang berkualitas tinggi dan cara membedakan antara Emerald asli dengan treatmant sintetik, ataupun tiruan. Kelas ini sangat bermanfaat bagi anda yang menggemari dan ingin tahu lebih banyak mengenai batu Emeland/Zamrud. Lama kursus 2 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Intermediate Diamond :
      Di samping itu anda juga akan mempelajari bagaimana cara membedakan berlian asli dengan tiruan.Anda juga sekaligus mempelajari bagaimana cara membedakan diamond asli dengan diamond buatan manusia/ synthetic. Lama kursus: 5 jam (2 session @ +/- 2.5 jam)    
  Pearl Grading :
      Anda akan menentukan dan menilai mutiara dengan menggunakan standard penilaian GIA Internasional. Anda juga akan mempelajari bagaimana proses terbentuknya mutiara dan berbagai jenis mutiara, serta mengevaluasi harga sesuai dengan pasaran internasional. Lama kursus: 1 kali pertemuan @ 5 jam. (2 kali pertemuan @ +/- 2,5jam).    
  Ruby & Sapphire Class :
      Kelas singkat yang penuh dengan pengetahuan spesifik mengenai jenis-jenis Ruby dan Sapphire yang berkualitas tinggi, membedakan yang asli dari yang di treatment ataupun sintetik. Kelas ini sangat bermanfaat bagi anda yang menggemari dan ingin tahu lebih banyak mengenai batu-batuan ini. Lama kursus 3 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.

4. Class Colorstone
    
  Color Stones :
      Anda akan mempelajari karakteristik batu-batu permata berwarna secara umum, dan bagaimana membedakan yang asli dan sintetik. Dalam kelas ini juga dipelajari sifat optic, fisik, warna, fenomena, kejernihan dan ciri-ciri khusus lainnya yang khas. Lama kursus 10 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam.    
  Gem Identification :
      Anda akan mempelajari bagaimana cara mengidentifikasi berbagai jenis batu permata, dengan menggunakan intrumen-intrumen Gemology seperti Refractometer, Polariscope, Dichroscope, UV Light, Microscope, Spesific Gravity, Spectroscope, dll. Kelas ini juga bertujuan untuk melatih siswa cara menentukan apakah batu-batu ini asli, sintetik, atau tiruan. Kelas ini adalah merupakan kelas lanjutan dari ColorStones. Pelajaran ini Identification dibagi menjadi 3 tahapan: Basic, Intermediate, Advanced. Lama kursus: 16 kali pertemuan @ +/- 2.5 jam (Basic 5 kali, Intermediate 5 kali, dan Advanced 6 kali).

 Corporate Training di Institute Gemology Paramita
Institute Gemology Paramita selain memberikan training-training private, juga memberikan training untuk perusahaan-perusahaan dengan memberikan pelatihan bagi karyawan perusahaan yang membutuhkan keahlian menilai berlian. Beberapa klien corporate training Institute Gemology Paramita yaitu YAPEIM (Yayasan Pembangunan Ekonomi Islam Malaysia) yang akan segera membuka jasa gadai Berlian di seluruh kota-kota penting di Malaysia. PT Perum Pegadaian, dan beberapa Toko Mas dan Berlian terkemuka di Indonesia.
Institute Gemology Paramita telah banyak mencetak professional yang ahli yang siap berkontribusi di industry perhiasan dalam dan luar negeri.
Baru-baru ini terjalin kerjasama yang baik terlihat jelas sewaktu Ibu Sumarni Paramita G.G (AIGS) diundang menjadi pembicara mewakili Indonesia dalam delegasi di Pegadaian Syariah se - ASEAN. Ini menandakan kredibilitas Institute Gemology Paramita dalam pendidikan di dunia Gemology dan kebanggaan untuk Indonesia di Forum Gemology Asia Tenggara.

Customized and Special Programmes
Sebagai salah satu badan pendidikan gemology terkemuka di Indonesia, Institute Gemology Paramita membuktikan kompetensi ilmu gemology dengan menawarkan Customized Programmes. Pada program ini murid dapat mengajukan kelas yang dibutuhkan yang tidak ada pada daftar kelas, seperti kelas diamond plotting, atau kelas lainnya. Program ini sebagai suatu sarana yang dapat membantu murid dalam mempelajari bidang ilmu gemology yang diinginkan secara lebih spesifik. Dengan menyesuaikan dengan kebutuhan murid, Institute Gemology Paramita akan berusaha senantiasa mengemas kelas-kelas menarik di luar program-program kelas regular ke IGP. Contoh-contoh Customize Classes : Diamond Excecutive Program, Diamond Cut and Clarity, Diamond and HPHT, Diamond and Treatment, Diamond and Tiruannya, Filling dan Special Detection For Ruby, Jadeite, Gemstone for Kids, dan masih banyak lagi.
Share this article :

10 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  2. https://www.youtube.com/watch?v=IrMBCDZMKxg#action=share

    BalasHapus
  3. Hai..
    Saya tertarik untuk ikut kelas jewelry design. Apakah saat ini masih ada? Mohon detail lengkapnya, termasuk: silabus, jadwal dan biaya, dapat di info ke email saya. Alvina.setiabrata@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  4. Numpang ya min ^^

    Masih jaman main diserver yang itu itu aja? Bosan kan jelas? Sudah waktunya kalian ke KENARIPOKER . COM!
    Dengan server baru kami yaitu 1G poker. Bonus new member nya bervariasi dengan minimal deposit hanya Rp 10.000!!!
    Tidak hanya itu saja, siapa tau kalian bermain di server baru membawa kalian hoki ^^ Mainkan banyak game seperti casino, Poker dan 400+ Permainan Slot yang ada pada website kami!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    AGEN POKER DAN DOMINO TERPERCAYA
    CARA MENANG DI KENARIPOKER
    AGEN JUDI ONLINE BERKUALITAS
    AGEN POKER SANGAT AMAN TERPERCAYA
    AGEN SICBO BERKUALITAS TERJAMIN AMAN
    BANDAR CEME TERPERCAYA TERBAIK
    KENARI POKER
    AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
    BANDAR CAPSA YANG PALING AMAN

    BalasHapus
  5. Di EDEN POKER kamu akan banyak mendapatkan banyak kesempatan meraih uang ratusan juta rupiah
    Lgi banyak yang hoki nih,Ayo deposit ya dan withdraw yang sebanyak2 nya
    EDEN POKER MEMPUNYAI 7 GAME DALAM 1 USER ID
    POKER | CEME | CAPSA SUSUN | DOMINO | OMAHA | SUPER10 | CEME KELILING
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)

    KEUNGGULAN EDEN POKER?
    - NO ROBOT
    - 100% GAMPANG MENANG
    - TIDAK RIBET
    - Depo & WD Supercepat ( kalau bank normal )
    - DI LAYANI OLEH CS PENGALAMAN DAN SOPAN

    Ayooo Tunggu apalagi boss ku...segera hub kami.
    Contact Person :
    WA : +855 7863 3569
    LINK : edenpoker.co
    LINK ALTERNATIF : edenpoker.bet
    LINK ALTERNATIF : edenpoker.xyz

    BalasHapus
  6. SITUS JUDI ONLINE SLOT TERBAIK INDONESIA

    TEMBAK IKAN ONLINE - Mari join bosku di win323 ,, Hanya minimal deposit Rp 25.000 bosku sudah menikmati bonus-bonusnya !!

    Bonus Deposit 50%
    Minimal Deposit Rp25.000
    Max Bonus Rp. 1.000.000,-
    TO x 15 + BONUS

    Bonus Deposit 10%
    Minimal Deposit : Rp.50.000,-
    Max Bonus : Rp. 500.000,-
    TO x 7 + BONUS

    CASHBACK 10%
    Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilahpemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan.
    Contact Person WIN323 :
    WA : +855 7863 3430
    WA : +855 7863 3425
    LINE: official.win323

    BalasHapus
  7. Join yuk di OPPO POKER hanya Deposit & Withdraw Rp.15.000 Bosku.
    Bonus Bonus Super Heboh yang bisa anda dapatkan.
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
    - Bonus Referral 10% dan BERLAKU SEUMUR HIDUP!
    Tunggu apalagi jadilah pemenang di setiap taruhan yg Bosku lakukan.
    Contact Person OPPO POKER :
    - BBM : 55A40723
    - WA : +6287843026179
    - Fanspage Facebook : Oppopoker.vip Situs
    Poker Terpercaya di Indonesia
    - Group Facebook : OPPOPOKER.VIP
    AGEN POKER ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA

    BalasHapus
  8. Tri legowo gemz
    Menerima cutting / faceting and gospol and ring monel handmade
    Apabila anda ingin bentuk batu anda layaknya berlian langsung hubungi kami di wa 082233459900

    BalasHapus
  9. Tri legowo gemz
    Menerima cutting / faceting and gospol and ring monel handmade
    Apabila anda ingin bentuk batu anda layaknya berlian langsung hubungi kami di wa 082233459900

    BalasHapus
  10. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di EDENPOKER.xyz karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo EDENPOKER.xyz diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    EDENPOKER.xyz Bekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di EDENPOKER.xyz
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    WA : +855 7863 3569
    LINK : edenpoker.xyz
    LINK : edenkilik.net

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!
    https://edenklik.com

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pusat Perhiasan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template