Headlines News :
Home » , , » Batu Natural vs Batu Sintetis

Batu Natural vs Batu Sintetis

Written By Kecebong Gaul on Selasa, 18 Februari 2014 | 14.36

Teknologi di dalam industri batu aji / batu Mulia telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Thailand ada salah satu Negara yang dikenal dengan perkembangan industri pembuatan batu Permata buatan yang disebut dengan lab created atau lab simulated atas cubic zirconia dan masih banyak lagi jenis batu Permata yang dibuat dengan menggunakan teknologi (gemstone treatment). Jika tidak jeli maka jika ingin membeli batu aji, batu Mulia, batu Permata akan mudah tertipu dengan batu Permata, batu aji, batu akik, batu Mulia sintetis dikarenakan sulit untuk dikenali secara kasat mata.
Berikut adalah beberapa sebutan nama batu yang ada di dunia gemology atau dunia perbatuan / gemstone Antara lain :
1. Batu Natural tanpa proses tambahan
Batu batuan yang langsung berasal dari perut bumi (murni). Batu ini tidak mengalami perubahan apapun kecuali hanya dipotong dan dipoles.
2. Batu Natural dengan proses tambahan
Batu batuan yang langsung berasal dari perut bumi (murni) kemudian dipotong dan dipoles, namun setelah itu batu batuan tersebut diproses di laboratorium dan dilakukan proses perubahan untuk tujuan tertentu biasanya untuk meningkatkan penampilan dari suatu batu. Contoh untuk meningkatkan warna bisa dilakukan dengan pemanasan atau pencelupan dan masih banyak lagi.
Adapun proses tambahan dibedakan menjadi 2 yaitu yang permanent dimana batu tidak akan mengalami perubahan dan tidak permanent yaitu batu yang dicelup dimana pada suatu waktu akan luntur warna dari batu tersebut.
3. Batu Sintetis / Buatan Manusia
Batu Sintetis biasanya di buat di Laboratorium khusus dimana bahan dari batu sintetis itu bisa berasal dari batu itu sendiri kemudian ditambah bahan mineral lainnya ataupun bisa berasal dari bahan selain batu seperti plastic, kaca dsb.
Untuk membedakan batu natural dan batu sintetis tentunya bisa dilakukan berdasarkan pengalaman serta pengetahuan yang cukup sebab membedakan batu natural dan sintetis tidak bisa hanya diduga duga, memakai feeling, kemudian dilihat dengan mata telanjang. Banyak alat yang dibutuhkan untuk membedakan batu natural dan sintetis apalagi batu tersebut sudah mengalami proses. Sehingga agar lebih akurat kita sebaiknya membawa batu yang kita miliki ke laboratorium batu Permata untuk dilakukan pengujian dan tentunya hal ini dilakukan untuk batu aji, batu akik, batu Permata yang bernilai tinggi.
Share this article :

1 komentar:

  1. Ijin Post Yahh bossku
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    Contact Person :
    WA : +855 7863 3569
    #edenpoker.xyz

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pusat Perhiasan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template